Cara Memilih Wadah Untuk Budidaya Ikan Cupang Hias

Budidaya Ikan Cupang Hias Dalam beternak ikan cupang, banyak diantaranya yang mengalami kegagalan, entah karena ikan tidak mau kawin ataupun betina mati karena dihajar oleh cupang jantan.

Untuk menghindari hal tersebut, sebagai peternak pemula hal pertama yang harus anda perhatikan dalam budidaya ikan cupang adalah wadah pemijahan, mengapa wadah pemijahan? Karena ukuran dan tipe wadah ini sangat menentukan keberhasilan dalam budidaya ikan cupang.

Pemilihan Wadah Untuk Budidaya Ikan Cupang

Pemilihan wadah atau aquarium untuk budidaya ikan cupang hias bermacam macam, para peternak masing masing memiliki gaya tersendiri untuk menggunakan wadah mana yang sesuai.

Akan tetapi sebenarnya ada trik khusus yang telah dipelajari oleh para peternak di Thailand dalam penggunaan wadah untuk pemijahan ini.

Selanjutnya ada 4 Jenis Wadah yang bisa digunakan untuk pemijahan ikan cupang.

Aquarium

Pada umumnya peternak menggunakan aquarium terutama para peternak pemula ikan cupang menggunakan aquarium. Beberapa ukuran aquarium dapat digunakan mulai dari 20x10x10 sampai dengan ukuran besar 60x20x15.

Alasan menggunakan aquarium antara lain bagi para pemula adalah mereka bisa melihat proses perkawinan cupang dengan jelas. Namun kelemahan menggunakan wadah Aquarium ini adalah suhu air yang dapat berubah ubah.

Ember Bekas

Penggunaan Ember bekas lebih ekonomis dibandingkan dengan menggunakan aquarium, harga 1 buah aquarium ukuran 60x20x15 mungkinsetara dengan 10 Ember bekas. Para peternak besar banyak menggunakan wadah ini dengan alas an biaya.

Keunggulan menggunakan wadah ini adalah harga yang relative murah, sehingga bagi para peternak yang ingin menawinkan ikan calam jumlah banyak menggunakan media ini.

Namun kelemahannya adalah proses perkawinan tidak bisa dilihat dengan jelas.

Baskom

Tidak jauh berbeda dengan Kaleng Bekas, baskom dipilih karena faktor biaya dan juga untuk memaksimalkan penggunaan tempat apabila proses pemijahan dilakukan dalam jumlah besar.

Keunggulan salah satu penggunaan baskom plastic adalah suhu air yang cenderung stabil tidak berubah.

Styrofoam

Pilihan terakhir adalah Styrofoam, wadah ini boleh dibilang yang paling baik untuk keberhasilan proses pemijahan. Karena Styrofoam dapat menjaga suhu secara stabil dan selain itu juga wadah ini memiliki bentuk yang sangat sesuai untuk pemijahan.

Namun kelemahannya adalah dari sisi biaya, harga Styrofoam cenderung lebih mahal, namun apabila anda adalah pemula dalam beternak cupang maka saya menyarankan untuk menggunakan Styrofoam ini, karena tingkat keberhasilan perkawinan cupang lebih tinggi.

Dari ke empat tipe wadah tersebut anda bebas memilih mana yang anda anggap sesuai dan paling mudah, dan yang lebih penting yang paling sesuai dengan ukuran kantong anda.

Ukuran Wadah Yang Baik Untuk Pemijahan

Kemudian adalah anda harus juga memperhatikan faktor ukuran, ada beberapa peternak yang memijahkan ikan dalam wadah kecil da nada juga yang di kolam besar.

Jika merujuk pada jenis Ikan Cupang maka dapat direkomendasikan penggunaan ukuran wadah sebagai berikut :

CUPANG JENIS PLAKAT

Untuk cupang plakat ini anda bisa menggunakan wadah mulai dari ukuran 20 x 15 x 15 hingga 60 x 20 x 15, ikan cupang plakat tidak masalah jika dikawinkan dalam wadah yang agak luas, tidak seperti cupang halfmoon.

Apabila anda menggunakan wadah sedang atau kecil pastikan anda segera memindahkan burayak ke wadah yang lebih besar setelah usia 7 hari.

CUPANG JENIS HALFMOON

Untuk cupang halfmoon tidak disarankan menggunakan wadah yang besar, mengapa? Karena Ikan Cupang Halfmoon memiliki ekor panjang dan bergerak lebih lamban disbanding dengan ikan cupang plakat.

Penggunaan wadah yang besar akan menyebabkan ikan terlalu lelah berkejar kejaran dan sehingga berpotensi perkawinan akan gagal. Jadi disarankan apabila anda ingin memijahkan cupang halfmoon gunakan wadah ukuran 30 x 15 x15 adalah paling ideal.

CUPANG JENIS GIANT

Cupang giant memiliki ukuran lebih besar, maka sudah pasti jangan pernah anda memijahkan cupang giant di  wadah dengan ukuran lebih kecil dar 30x15x15, karena akan menyulitkan pergerakan ikan cupang giant.

Yang paling ideal adalah anda mengawinkan cupang giant diwadah minimal 60x20x15 bahkan di Kolam ukuran 1meter lebih akan lebih baik.

Selain itu semakin besar wadah pemijahan anda tidak perlu repot untuk memindahkan burayak ke wadah lebih besar lagi.

UKURAN KETINGGIAN AIR DIDALAM WADAH PEMIJAHAN

Ukuran ketinggian air juga perlu diperhatikan karena air yang dangkal juga akan menyulitkan pasangan ikan melakukan perkawinan.

Sebaliknya ukuran ketinggian air yang terlalu dalam akan menyebabkan resiko burayak yang baru menetas banyak yang  mati.

Burayak yang baru menetas belum bisa berenang dan bergantung di busa yang dibuat oleh jantan, apabila air terlalu dalam maka burayak yang jatuh dari busa ke dasar wadah, tidak akan dapat naik lagi ke atas dan menyebabkan kematian.

Dan juga bagi pejantan akan membuat lelah apabila harus memunguti burayak yang jatuh ke wadah dan mengembalikan ke sarang busa apabila kedalaman air di wadah terlalu dalam.

UKURAN WADAH PEMBESARAN BURAYAK

budidaya ikan cupang

Setelah anda berhasil mengawinkan cupang, maka selanjutnya anda harus bisa membesarkan burayak. Wadah yang paling aman adalah STYROFOAM, karena menjaga suhu di air tetap stabil.

Usahakan menggunakan wadah yang besar diatas ukuran 60x20x20 apabila anda ingin mendapatkan rasio burayak yang selamat lebih tinggi.

Wadah yang luas tidak akan menyebabkan air cepat kotor dan kandungan oksigen di dalam air tetap terjaga, dan menyebabkan burayak tetap terjaga.

Selain itu pertumbuhan burayak juga akanc epat tumbuh apabila diletakkan di wadah yang besar.

Akan tetapi pastikan wadah tersebut memiliki tutup agar tidak terkena air hujan ataupun sinar matahari langsung.

PENUTUP

Demikian artikel yang membahas pemilihan wadah untuk pemijahan cpang ini, agar para peternak pemula dapat memahami dan dapat belajar bagaimana cara beternak ikan cupang yang baik dan membawa hasil yang maksimal. Elvinno Saverio